Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FISIP UPNVJ – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta menghadirkan narasumber istimewa dalam kegiatan kuliah umum digital marketing communication pada Sabtu, 23 September 2023. Mengusung tema Navigating Social Media and Content Selection for An International Company, narasumber yang dihadirkan adalah Claudya Stevany, alumni program studi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ yang kini bekerja di perusahaan IBM Belanda.

Setelah lulus dari Prodi Ilmu Komunikasi UPNVJ pada 2019, Claudya melanjutkan pendidikan S2 jurusan Media Creation and Innovation di University of Groningen. Selama berkuliah di Belanda, ia juga mengambil program magang sebagai bagian dari tim Marketing and Communications di IBM Consulting Netherlands.

Dalam kuliah umumnya yang berlangsung secara daring, Claudya menekankan pentingnya fungsi media sosial sebagai alat untuk menjangkau audiens, meningkatkan brand awareness, menerima timbal balik (feedback), dan juga sebagai bagian dari marketing cost-effective.

Sejumlah perusahaan juga memanfaatkan media sosial sebagai wadah manajemen krisis serta alat untuk menggencarkan periklanan tertarget serta memperkuat mekanisme search engine optimization (SEO).

Masih seputar medsos, Claudya juga menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk memiliki jenis media sosial yang tepat. Ia mengatakan pemilihan media sosial ini perlu disesuaikan dengan preferensi target audiens. Semisal, jika audiens yang dituju lebih senang menggunakan TikTok, maka perusahaan perlu memfokuskan perhatian di media sosial tersebut.

Pemilihan waktu atau timing untuk menghadirkan konten di media sosial juga perlu menjadi perhatian. Apabila target audiens diketahui lebih senang membuka media sosial di sore hari, maka konten sebaiknya dikeluarkan pada rentang waktu tersebut.

Menghadapi Dunia Kerja

Selain menyampaikan ilmu seputar digital marketing, Claudya juga berbagi tips kepada para mahasiswa UPNVJ yang akan menghadapi dunia kerja di masa mendatang. Menurutnya, persiapan sudah bisa dilakukan dari sekarang saat masa perkuliahan berlangsung.

“Sebagai starting point, kalau mau bekerja setelah lulus, perbanyak pengalaman kalian, semisal di organisasi. Pengalaman itu enggak harus pengalaman kerja, tapi juga di organisasi,” ujar Claudya.

Pengalaman lain yang bisa diperbanyak juga bisa berkutat seputar pembuatan konten di media sosial. Claudya menyerukan para mahasiswa untuk membuat banyak konten positif yang nantinya bisa menambah portofolio untuk persiapan dunia kerja.

Bangun portofolio kalian. Kalau ada kesempatan magang, manfaatkan sebaik mungkin. Itu bisa menjadi bukti nyata kalau kalian mempunyai pengalaman,” tutur Claudya.

Akhir kata, Claudya mengatakan bahwa gelar akademis memang merupakan hal penting yang harus dikejar setiap mahasiswa. Kendati begitu, ia juga menekankan bahwa pengalaman juga menjadi elemen lain yang tak kalah penting saat hendak memasuki dunia kerja.

“Punya nilai-nilai yang bagus, skripsi juga bagus, itu penting. Tapi pengalaman nyata di organisasi atau magang juga sangat penting,” ucap Claudya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si, mengapresiasi kesediaan Claudya untuk hadir sebagai dosen tamu di bidang digital marketing. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut ke depannya, dengan menghadirkan jajaran narasumber yang berkualitas dan kompeten.

“Semoga kuliah tamu ini dapat memberikan pengetahuan baru dan insight. Semoga adik-adik angkatan 2021 ini dapat mengikuti jejak kakak kelasnya untuk dapat membawa nama harum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta ke ranah internasional,” ungkap Fitria.

× Hubungi Kami