Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) mengadakan Fullboard Fullboard Akreditasi dan Implementasi ISK yang berlangsung dari hari Senin hingga Rabu, 25-27 September 2023, di Hotel RA Suites Simatupang. Acara ini menjadi wadah bagi para dosen FISIP UPNVJ untuk berbagi pengalaman, wawasan langkah dalam upaya kerja menuju reakreditasi dan implementasi ISK di lingkungan kampus.

Dr. Mite Setiansah, Sip, M.Si, yang merupakan salah satu narasumber dalam fullboard ini, menyampaikan bahwa FISIP UPNVJ sedang menghadapi tantangan besar dalam upaya untuk meraih reakreditasi pada tiga program studi magister dan Implementasi ISK. Proses ini telah menjadi perjuangan yang tidak mudah, terutama ketika tersisa hanya satu tahun menuju batas akhir reakreditasi.

Lebih lanjut, Dr. Mite Setiansah mengungkapkan bahwa FISIP UPNVJ telah mengusulkan penggunaan Landasan Evaluasi Diri (LED) yang berbasis pada Unit Pengelola Program Studi (UPPS) sebagai salah satu cara untuk mendukung proses akreditasi. Hal ini sesuai dengan Permendikbudristek NOMOR 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Surat Edaran BAN-PT No 1274/BAN-PT/LL/2023. Dalam fullboard ini, para tim yang hadir untuk mengerjakan simulasi ISK dan akreditasi dengan memahami pedoman penilaian yang mencakup Analisis Kondisi Eksternal dan Profil UPPS.

Analisis Kondisi Eksternal yang diuraikan dalam fullboard menjelaskan tentang faktor-faktor eksternal yang memengaruhi program studi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Selain itu, fullboard juga memberikan pemahaman tentang kemampuan UPPS dalam menganalisis lingkungan makro dan mikro yang relevan terhadap eksistensi dan pengembangan program studi serta UPPS.

Profil UPPS turut menjadi fokus dalam fullboard ini dengan menguraikan deskripsi singkat tentang sejarah UPPS dan program studi, struktur organisasi, data mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, dan aspek-aspek penting lainnya. Fullboard ini juga menekankan pentingnya koherensi dalam semua aspek LED dan Landasan Kelebihan Penyelenggaraan (LKPS) yang mencakup kelengkapan, presentasi, dan koherensi.

Selain itu, fullboard ini juga membahas Implementasi Standar Kompetensi Lulusan (ISK) yang menjadi perluasan dalam bidang akreditasi. Hal ini dibutuhkan karena adanya ketidaksetaraan dalam peringkat akreditasi antara IAPS 3.0 dan IAPS 4.0. ISK sarjana memiliki persyaratan yang melibatkan Dosen Tetap Program Studi (DTPS), Kurikulum, Penjaminan Mutu, dan Pelacakan Kelulusan.

Selama fullboard, program studi S2 Hubungan Internasional telah diulas dengan syarat bahwa LED-nya sudah diuraikan dengan baik. Demikian pula, program studi S2 Ilmu Komunikasi akan dipelajari ulang dengan penyesuaian format penulisan yang mencakup font Arial 11pt, 1,5 spasi, dan maksimal 150 halaman.

Warek 1 UPNVJ Dr. Dudy Heryadi menyampaikan dalam kesempatan ini, juga memberikan pandangan terkait beberapa perubahan signifikan yang sedang dijalankan oleh UPNVJ, termasuk permohonan perijinan kelas internasional dan perubahan kurikulum sebagai respons terhadap peraturan baru dalam dunia pendidikan tinggi. Beliau juga menekankan pentingnya mekanisme quality kontrol yang tidak boleh luput perhatian -AEA-

× Hubungi Kami