Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) memiliki komitmen bersama yang kuat dalam menjaga kualitas program siaran di televisi. Pada kesempatan ini UPN “Veteran” Jakarta memilih kategori anak sebagai bahasan utama dari 8 (delapan) kategori yang dihimpun dalam riset. Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari kerjasama antara FISIP UPN “Veteran” Jakarta dengan KPI. Kedua lembaga ini memahami betapa pentingnya melindungi proses interaksi dan perkembangan anak-anak melalui konten yang aman, edukatif, dan bermutu. Dalam implementasinya, KPI memiliki andil sebagai lembaga yang mengawasi program siaran televisi, dan UPNVJ menjadi bagian dari 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bekerjasama dengan KPI dalam pelaksanaan Indeks Kualitas Program Siaran Televisi (IKPSTV).

Untuk mewujudkan fungsi praktisnya, KPI telah menerapkan serangkaian langkah dan kebijakan strategis. Diantaranya, melakukan pengawasan yang ketat terhadap program-program anak, memeriksa setiap aspek mulai dari konten hingga bahasa yang digunakan. KPI memastikan bahwa setiap program memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, sehingga memberikan pengalaman tayangan yang positif dan bermakna bagi anak-anak.

Amin Shabana, Komisiner KPI Pusat dalam kegiatan ini menyampaikan pentingnya memproduksi konten atau karya yang ramah anak sebagai upaya memperbaiki tayangan anak di televisi. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa KPI tidak melakukan sensor terhadap tayangan anak, tetapi bertanggung jawab dalam melakukan pemantauan dan memberikan sanksi jika terdapat pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Siaran anak di Indonesia dirancang untuk menghibur, mendidik, dan menginspirasi anak-anak dalam berbagai usia. Dengan siaran yang baik untuk anak-anak akan menciptakan lingkungan yang aman.

Pada kesempatan yang sama Dr. S. Bekti Istiyanto, M.Si, Dekan FISIP UPNVJ, mengungkapkan bahwa saat ini televisi menghadapi tantangan rating yang rendah karena masyarakat, termasuk anak-anak, lebih memilih bermain gadget. Namun, ia menekankan pentingnya mengembalikan peran televisi dan radio dalam membentuk karakter anak dengan menyajikan konten yang berkualitas dan mendidik.

KPI dan perguruan tinggi mitra berkomitmen untuk terus memantau dan memperbaiki program siaran anak di televisi. Kolaborasi ini memungkinkan penilaian yang lebih objektif dan mendalam terhadap konten yang disiarkan serta pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan anak-anak. Tujuannya adalah memastikan bahwa program-program yang ditayangkan mendukung perkembangan kreativitas, nilai edukatif, dan kesejahteraan anak-anak.

Selain itu, terdapat buku yang telah direlease oleh beberapa orang Tim Dosen dari UPNVJ yaitu, Vinta Sevilla, M.I.Kom, Aniek Irawatie, M.Si, dan Dr. Kusumajanti bersama kolega mitra yang bekerjasama dengan KPI. Buku yang diberi judul “Potret Kualitas Program Siaran Anak di Televisi Indonesia” membahas tentang hasil riset yang telah dilakukan oleh KPI dan mitra dari 12 PTN pada program siaran anak di televisi. Program yang ditujukan untuk salah satu khalayak rentan, tentunya memiliki aturan yang lebih ketat agar layak dinikmati oleh anak- anak. Namun demikian, yang harus disadari adalah sebaik apa pun program siaran anak yang hadir, pendampingan orang tua tetaplah sebuah keharusan. Karenanya, dalam buku ini juga dibahas tentang penggunaan media televisi sebagai sarana pembelajaran dan juga pendidikan bagi anak.

× Hubungi Kami