Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Setelah menerima visitasi Tim Asesor Lembaga Akreditasi FIBAA pada 20 dan 21 Juni lalu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) akhirnya telah menerima hasil penilaian beberapa indikator yang menjadi acuan untuk mendapatkan akreditasi internasional. UPNVJ secara positif telah menerima pengakuan dari Lembaga FIBAA dan layak mendapat akreditasi internasional.

Menyikapi berita bahagia tersebut, hari ini (11/10), bertempat di Aula Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ, LP3M mengagendakan kegiatan penyerahan piagram sertifikat kepada masing-masing Program Studi yang berhasil mengantongi akreditasi internasional. Sertifikat diserahkan langsung oleh Rektor UPNVJ, Dr. Anter Venus, MA., Comm dibantu oleh Ketua LP3M UPNVJ, Satria Yudhia W., S.E., MS. Ak.

Momen ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang bagi Tim Persiapan Akreditasi UPNVJ untuk melakukan evaluasi dan perencanaan tindak lanjut hasil akreditasi.

Venus yang didampingi oleh Satria menyampaikan bahwa hasil baik ini merupakan pembuktian dari kesungguhan UPNVJ dalam meningkatkan kualitas dan daya saing dengan perguruan tinggi lain.

Memang masih ada beberapa kondisi yang perlu untuk diperbaiki. Catatan kondisional dari FIBAA dianggap wajar sebab menurut Venus dalam proses pengajuan akreditasi yang terjadi di perguruan tinggi lain mayoritas selalu ada catatan pada hasilnya.

Catatan dari Lembaga FIBAA untuk UPNVJ terkait dengan pengakreditasian sepuluh program studi yang telah diajukan pada dasarnya hanya sedikit. Hal ini masih ditolerir dan disyukuri oleh Venus selaku Rektor pasalnya jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang sepak terjangnya sudah lebih lama, indikator yang perlu diperbaiki oleh UPNVJ tidak begitu banyak.

Venus menghimbau kepada Tim Persiapan Akreditasi UPNVJ untuk melakukan revisi sesegera mungkin. Target yang di-setting oleh Venus maksimal akhir bulan ini UPNVJ sudah kembali mengajukan revisi ke Lembaga FIBAA.

Penyerahan Piagam Sertifikat Oleh Rektor

Venus optimis jika catatan perbaikan dari pihak pengakreditasi mampu dikerjakan oleh Tim Persiapan Akreditasi UPNVJ dalam kurun waktu yang tidak lama, “sekarang catatan-catatan itu saya pikir semuanya pada prinsipnya manageable ya buat kita. Bisa kita atur sekarang termasuk ya tadi, workload….” Ucap Venus meyakini anggota tim lainnya.

Demi menghasilkan gagasan kreatif dan solusi untuk masalah yang dihadapi tim, maka dilakukan pula brainstorming dengan membahas kondisi yang harus diperbaiki.

Diketahui pada Juni lalu Tim Asesor FIBAA melakukan visitasi ke 4 fakultas yaitu FEB, FIK, FH dan termasuk FISIP. Tiga program studi yang didaftarkan dari FISIP mendapat akreditasi internasional antara lain adalah S1 Ilmu Komunikasi, S1 Hubungan Internasional, dan S1 Ilmu Politik.

Penilaian dilihat dari berbagai aspek seperti mahasiswa, manajemen Pendidikan, fasilitas, dll. Selama visitasi dilakukan pula wawancara terhadap beberapa dosen dan kunjungan ke laboratorium yang ada di fakultas.

× Hubungi Kami