Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan wajib bagi akademisi dalam membangun edukasi sosial dan kerjasama dengan mitra sosial sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab perguruan tinggi kepada masyarakat. Perihal ini tentu bukan hanya sebatas pelaksanaan kegiatan saja melainkan juga perlu dilakukan pengendalian dan monitoring kegiatan dan relasi antara mitra PKM dengan Perguruan Tinggi.

Hal tersebut juga dilakukan bentuk monitoring oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dalam memantau dan mengevaluasi kegiatan PKM pada (13/11) di lokasi mitra sosial ,Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Jl. Raya Pengasinan, RT.01/RW.06, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16518, Indonesia yang menjadi salah satu tempat bagi dosen perguruan tinggi untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya.

Kunjungan yang dilakukan oleh tim LPPM dan Dosen FISIP pada pukul 10.00 sampai pukul 12.30 yang dimana tim LPPM dan Dosen UPNVJ disambut oleh manaje RGI, Ustad Nizhom, dan pembina RGI Depok, Ustad Kholis yang menyambut dipintu depan RGI. Jajaran direksi tidak semua bisa menemui tim dari UPNVJ dikarenakan ada rapat dari Jajaran Direksi RGI.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini menjadi salah satu program LPPM UPNVJ untuk meningkatkan daya kualitas kegiatan PKM Dosen dan juga memperluas jaringan relasi Perguruan Tinggi dengan mitra social lainnya. Hal ini dikatakan oleh Ana Kuswanti, Rivewer sekaligus Sekeretaris Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UPNVJ ketika memberikan sambutan dihadapan perwakilan anggota LPPM dan juga jajaran Direksi RGI, Depok.

Dosen dan juga Ketua Program Studi Sains Informasi, Radita Gora mengatakan bahwa pelatihan Video dan Audio Streaming merupakan trend baru di dunia digital dan masih banyak yang awam terhadap teknis pembuatan video dan audio streaming.

“Penting bagi para santri dan santriwati RGI yang dengan segala keterbatasan sarana dan prasarananya untuk bisa memproduksi konten digital berupa audio dan video. Apalagi semua santri dan santriwati sudah punya smartphone dan bisa mengaplikasikan video streaming dengan perangkat lunak dari smartphone mereka,” ujar Radita.

Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan PKM Dosen di RGI juga dihadiri oleh Ustd.Nizhom, selaku manajer dari RGI yang menyampaikan bahwa RGI merasa sangat puas dengan mitra perguruan tinggi seperti UPNVJ yang mau dan sukarela memberikan Pendidikan dan pembinaan kepada para santri dan santriwati RGI terutama dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan Video dan Audio Streaming yang dilaksanakan oleh Dosen Gabungan Jurusan ILmu Komunikasi dari bulan Agustus hingga bukan November.

“Kami merasa sangat puas dan sangat terbantu dengan teman-teman dari UPNVJ in. Kami sangat berterima kasih karena santri dan santriwati kami bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta keahlian diluar dari yang didapat pada kurikulum di RGI. Teman-teman dari UPN bisa memberikan nuansa yang baru buat teman-teman santri dan santriwati di RGI,” ujar Nizhom.

Ditambahkan juga pernyataan dari Ustd. Kholis, salah satu Pembina RGI Depok yang juga sempat ikut dalam keterlibatan dalam PKM Dosen UPNVJ seraya memantau kegiatan santri dan satriwati dilapangan. Ustad, Kholis menyambut baik dan positif kegiatan PKM yang dilakukan oleh Dosen UPNVJ.

“Diharapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, tapi bisa dilanjurkan untuk Kerjasama berikutnya dengan seluruh mitra-mitra RGI dan UPNVJ saling berintergrasi dan kerjasama yang berkesinambungan.”

× Hubungi Kami