Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Hubungan Kerjasama antar Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” baik di Jakarta maupun Jawa Timur sama-sama memiliki tali ikatan yang kuat untuk membangun kualitas pengajaran dan jalinan Kerjasama yang memadai dalam peningkatan mutu pengajaran dari berbagai pandangan bidang keilmuan.

Hal ini seperti dilakukan oleh UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dengan Jawa Timur (UPNVJT) dalam Kerjasama di bidang pengajaran melalui pertukaran dosen yang dilaksanakan pada 20-21 November 2023 di ruang rapat Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) lantai dasar Gedung FISIP 1 UPNVJT, Jl. Rungkut Madya No.1, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur. Surabaya (20/11)

Dikatakan oleh Catur Suratnoaji yang mengatakan bahwa pelaksanan Kerjasama bidang pengajaran melalui pertukaran dosen memberikan ikatan yang kuat antar UPN Jakarta dan Jawa Timur.

“Silahkan saja dilakukan kegiatan Kerjasama, pertukaran dosen dan nantinya kita harapkan bisa dilakukan pertukaran mahasiswa agar ada bentuk hubungan yang berkesinambungan antara UPNVJ dan UPNVJT.”

Kegiatan kuliah tamu tahap kedua dilakukan oleh Wakil Dekan I, Fitria Ayuningtyas, Wakil Dekan II, Anwar Ilmar, dan Ketua Program Studi Sains Informasi, Radita Gora dengan melakukan kunjungan langsung ke UPNVJT. Sebelumnya pada tahap pertama juga dilakukan kunjungan yang sama pada tahun 2022 lalu, begitu pula kunjungan sebaliknya juga sudah dilakukan.

Hubungan Kerjasama UPNVJ dan UPNVJT, menurut Yuli Candrasari, Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP UPNVJT menyampaikan bahwa pertukaran dosen merupakan bentuk peningkatan kualitas pengajaran yang dilakukan antar UPN yang merupakan sama-sama ‘saudara kandung’ dalam persaudaraan UPN.

“Pertukaran dosen ini bentuk pengajaran yang juga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas dari dosen UPN di berbeda wilayah. dan hal ini juga untuk meningkatka persaudaraan antar UPN.”

Pada akhir acara dilakukan penandatanganan Impelemtation Agreement di tingkat Fakultas, Jurusan Ilmu Komunikasi dan Jurusan Ilmu Politik pasca pelaksanaan kuliah tamu yang meghadirkan dosen UPNVJ ke UPNVJT.

Menurut Fitria, Wakil Dekan I, FISIP UPNVJ, bahwa hal ini (Kerjasama UPNVJ dan UPNVJT) juga menjadi bagian dari target pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dalam hal Kerjasama di bidang Pendidikan

 “Diharapkan pada pelaksanaan Kerjasama antar UPN ini juga untuk pencapaian IKU di masing-masing perguruan tinggi yang dilaksanakan pada tahap awal bukan hanya sebatas Perjanjian Kerjasama saja melainkan juga implementasi praktis dan nyata dari hasil perjanjian Kerjasama.”

× Hubungi Kami