Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ — Pada hari Jumat, 24 November 2023, Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, UPN “Veteran” Jakarta, menjadi saksi dari Forum Komunikasi Kebijakan Luar Negeri (FKKLN) bertajuk “Harmoni Pembangunan Berkelanjutan: Sinergi Kerja Sama Selatan-Selatan dan Praktik Baik Pengarusutamaan Gender” (FKKLN KSS dan PUG). Jakarta, 24 November 2023

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Studi dan Kebijakan Luar Negeri (BSKLN), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.  Acara dimulai dengan Sambutan Pembukaan oleh Kepala BSKLN, Kemlu RI, serta Sambutan Pembukaan oleh Rektor UPN “Veteran” Jakarta.

Sebagai Pembicara dari UPN “Veteran” Jakarta, Dosen Program Studi Hubungan Internasional, Dr. Hartanto, S.I.P., M.A., menyampaikan materi yang berfokus pada “KERJASAMA SELATAN-SELATAN DAN TRIANGULAR: Transformasi Indonesia Menjadi Negara Donor: Peluang dan Tantangan.”  Dalam paparannya, Dr. Hartanto menyoroti peran Indonesia dalam Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST), dengan fokus pada transformasi Indonesia menjadi negara donor.

Dengan modal dasar yang dimiliki Indonesia dan landasan politik luar negeri yang berbasis bebas aktif, Indonesia memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam membangun hubungan baik dengan berbagai negara. Kehadiran Indonesia dalam KSST dianggap sebagai wahana untuk membentuk desain kerjasama pembangunan internasional yang lebih berkeadilan. 

Acara ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi yang produktif, melibatkan dosen, mahasiswa, dan akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, serta para diplomat dari Kementerian Luar Negeri. Diskusi ini memberikan wawasan mendalam tentang peran Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan dan kerjasama internasional.

× Hubungi Kami