Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Prodi Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Jakarta bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Advokasi Perubahan Iklim : Tantangan Gerakan Politk Hijau dan Dinamika Hubungan Internasional “ di Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ (28/11/23). Hadir sebagai narasumber atau pengisi Kuliah Tamu, Zenzi Suhadi selaku Direktur Eksekutif Nasional WALHI yang didampingi oleh sejumlah pengurus WALHI nasional seperti Adam Kurniawan, Kepala Divisi Public Engagement dan Hadi Sujatmiko selaku Kepala Divisi Kerjasama.

Pada kesempatan tersebut, Zenzi menyebutkan bahwa isu perubahan iklim global harus diawali dengan pemahaman menyeluruh mengenai aspek biologis ekosistem serta korelasinya terhadap hubungan kekuasaan. Degradasi lingkungan yang ditandai dengan sejumlah indicator tidak terlepas dari kebijakan politik dan strategi Pembangunan ekonomi. Negara, sektor swasta, atau institusi social lain harus lebih peka terhadap penurunan kualitas lingkungan. Gagasan dan Gerakan politik hijau dewasa ini menjadi kebutuhan krusial sebagai upaya memitigasi dampak-dampak dari perubahan iklim.

Zenzi secara kritis menyoroti bagaimana Industrialisasi yang cenderung tanpa control baik itu di sektor manufaktur, perkebunan, atau lainnya telah berkontribusi secara signifikan pada kerusakan ekosistem. Oleh karena itu, diperlukan desakan dari level Gerakan social untukmengkoreksi kebijakan yang tidak pro-lingkungan. Dalam konteks hubungan internasional wacana ini bahkan semakin menguat. “dewasa ini hampir tidak ada kesepakatan pentng internasional yang tidak menyertakan isu perubahan iklim. Namun begitu, banyak sekali kepala negara yang tidak punya komitmen serius dan lebih memprioritaskan investasi dan kepentingan ekonomi nasional masing-masing”,lanjut Zenzi. Lebih lanjut ia mengkritik praktek perdagangan karbon sebagai upaya negara maju untuk lepas tangan dari kewajiban reduksi emisi karbon.

Wiwiek Rukmi Dwi Astuti,selaku Koordinator Prodi Hubungan Internaasional FISIP UPNVJ, menyampaikan apresiasi atas Kuliah Tamu ini. “Kuliah Tamu ini adalah upaya untuk memberikan gambaran konkret dan praktis tentang advokasi isu perubahan iklim serta bagaimana dinamika hubungan internasional sebagai kesatuan dari mata kuliah Enviromentalisme dalam Hubungan Internasional dan mata kuliah Ekonomi-politik Sumber Daya Alam yang ada di Prodi kami”,terang Wiwiek.

Kuliah Tamu ini diawali oleh penandatangan MOU atau Perjanjian Kerjasama antara FISIP UPN “Veteran” Jakarta dan WALHI. Kedua belah pihak menyepakati kolaborasi dan kemitraan di bidang Magang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jakarta dapat menempuh magang di WALHI pada semester 5 atau 6. Hadir pada penandatanganan ini adalah jajaran fakultas seperti Dr. Bekti Istiyanto selaku Dekan FISIP UPNVJ dan Dr. Fitria Ayuningtias, selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik. Magang MBKM di WALHI adalah salah satu upaya FISIP UPNVJ dalam memberikan pengalaman bekerja, mengenal aktivisme Gerakan lingkungan, dan membangun jejaring dalam dunia NGO. Diharapkan mahasiswa dapat belajar banyak selama proses magang yang dapat menjadi alternatif baru selain magang di sektor swasta/korporat dan institusi negara.

× Hubungi Kami