Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJEducation Class merupakan kegiatan yang mewadahi Keluarga Mahasiswa (KEMA) FISIP untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya memiliki CV yang kuat dan strategi untuk meningkatkan peluang mereka dalam mendapatkan posisi di perusahaan-perusahaan besar yang dilakukan secara offline atau luring.

Education Class kali ini membawakan tema: “Taktik Efektif: Pengembangan CV Berkualitas dengan Bahasa yang Sederhana dan Jelas untuk Menarik Perusahaan Besar dengan Mengoptimalkan Akun LinkedIn” yang berlangsung pada hari/tanggal, Jumat, 8 Maret 2024 bertempat di Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ. Education Class pertama ini menghadirkan Irvanti Aulia, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2020 sebagai narasumber.

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif saat ini, menjadi suatu keharusan bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik sejak dini agar dapat bersaing di pasar kerja yang ketat. Salah satu langkah krusial dalam memasuki dunia professional adalah dengan Menyusun Curriculum Vitae (CV) dan mengoptimalkan aplikasi LinkedIn yang baik dan memikat.

CV dan LinkedIn yang baik tidak hanya menjadi kartu nama diri, tetapi juga menjadi kunci utama untuk mendapatkan perhatian dari Perusahaan-perusahaan besar yang menjadi incaran banyak individu. Dalam melihat keadaan tersebut, Dept. Keilmuan BEM FISIP UPNVJ merasa penting untuk menyelenggarakan Education Class sebagai alternatif tempat pembelajaran KEMA FISIP.

Melalui kegiatan Education Class ini, kami akan membahas langkah-langkah praktis dalam menyusun CV dan mengoptimalkan akun LinkedIn yang efektif, mulai dari format yang tepat, hingga presentasi yang menarik.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pembacaan susunan acara oleh MC, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, dan sambutan dari ketua BEM FISIP, Kristian Hamonangan Siregar, dan Project Officer Education Class, Azzahra Dinar Pramesti. Setelah sambutan, moderator membacakan CV narasumber dan dilanjutkan pemaparan materi yakni pentingnya CV untuk mahasiswa oleh narasumber.

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan sesi tanya jawab untuk beberapa peserta kegiatan yang dipimpin oleh moderator. Kemudian dilanjutkan sesi Ice Breaking yang dipimpin oleh MC untuk mencairkan suasana peserta yang tegang dan serius.

Peserta terlihat sesi workshop, dimana narasumber berdiskusi bersama peserta untuk mencoba membuat CV. Setelah sesi workshop selesai, dilanjut pemberian bingkisan untuk narasumber dan dokumentasi. Acara ditutup oleh MC dan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama peserta dan narasumber.

Melalui kegiatan Education Class ini, kami yakin bahwa pemahaman yang mendalam tentang pembuatan CV yang baik serta tips untuk berhasil masuk ke perusahaan-perusahaan besar dapat memberikan mahasiswa keunggulan kompetitif yang sangat berharga dalam menghadapi tantangan dunia professional.

× Hubungi Kami