Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Dengan mengusung tema Komunikasi dan Keberlanjutan dari Pulau-Pulau Kecil.

Rapat koordinasi nasional ASPIKOM / Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi diadakan pada tanggal 18-20 September 2024 di Hotel Santika Premiere Ambon yang berlokasikan di Jalan Jendral Sudirman No. 88, Ambon. Hasil kolaborasi antara ASPIKOM dengan Universitas Pattimura, Ambon. Kegiatan ini diadakan bersamaan dengan 4th ASPIKOM International Communication Conference.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Umum ASPIKOM, Dr. S. Bekti Istiyanto yang sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN “Veteran” Jakarta, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dan Pj. Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya. Pj. Walikota Ambon sangat mengapresiasi atas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pattimura sebagai tuan rumah dari kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan dari PTN dan PTN di seluruh wilayah di Indonesia.

Terkait dengan Komunikasi dan Keberlanjutan dari Pulau-Pulau Kecil.

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sumber daya alam. Pulau kecil sering kali menghadapi tantangan unik dalam hal keberlanjutan, baik dari segi lingkungan maupun sosial. Komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam mengatasi masalah ini. Menurut data dari United Nations Environment Programme (UNEP), lebih dari 600 juta orang tinggal di pulau kecil, yang sering kali memiliki sumber daya terbatas dan rentan terhadap perubahan iklim (UNEP, 2020).

Oleh karenanya diperlukan kolaborasi antar Lembaga. Kolaborasi saat ini menjadi hal yang esensial bagi pelaksanaan Pendidikan di Perguruan Tinggi.

Kolaborasi antar Perguruan Tinggi dan Mitra DUDI / Dunia Usaha Dunia Industri menjadi kunci keberhasilan dalam upaya peningkatan kualitas tata Kelola PT dan implementasi Tridharma yang bermuara pada peningkatan daya saing lulusan.

Secara keseluruhan, komunikasi memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan pulau kecil. Melalui pengelolaan sumber daya yang lebih baik, pendidikan yang efektif, dan akses informasi yang lebih luas, masyarakat pulau kecil dapat lebih siap menghadapi tantangan lingkungan yang mereka hadapi. Upaya kolaboratif antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat lokal sangat diperlukan untuk mencapai tujuan keberlanjutan ini. Rapat Koordinasi Nasional ASPIKOM 2024 rutin diadakan dalam rangka untuk kemajuan dari Prodi khususnya dan Fakultas umumnya.

FISIP UPN “Veteran” Jakarta merasa perlu untuk konsisten dalam  menindaklanjuti peluang kolaborasi tersebut.

foto bersama peserta rapat koordinasi nasional ASPIKOM
Tags:
× Hubungi Kami