Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – English Day With EoS (EDWE) merupakan salah satu program kerja eventual KSM English of Siloence (EoS) FISIP UPN Veteran Jakarta yang baru dilaksanakan pada tahun ini. Program kerja ini diadakan di panti asuhan dengan bentuk kegiatan berupa pembelajaran Bahasa Inggris.

EDWE adalah program yang dibentuk atas dasar keinginan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak panti asuhan untuk mempelajari pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode yang playful dan disukai oleh anak-anak.

EDWE dilaksanakan pada Minggu, 25 Juni 2023 yang pada tahun ini berlokasi di Panti Mizan Amanah Cipete. Tema yang diusung dari acara ini adalah “The Story of English and Me: Acts of Kindness as Our First Chapter.” Tema ini diangkat dengan maksud donasi dan pembelajaran bahasa inggris yang kita lakukan dapat menjadi “babak baru” dalam buku cerita kehidupan anak-anak panti asuhan di Panti Mizan Amanah Cipete.

Acara ini berlangsung sejak pukul 13.40 WIB hingga 17.00 WIB yang dibuka dengan pembukaan oleh MC, sambutan dari Project Officer dan Vice Project Officer, dilanjut sambutan dari pengurus panti asuhan, serta penyerahan donasi. Selanjutnya, rangkaian acara dimulai dengan sesi pembelajaran Bahasa Inggris selama satu jam, yang dipandu oleh mentor dari English of Siloence.

Anak-anak panti asuhan dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing terdiri dari 10 anak. Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dirancang untuk mengajak partisipasi aktif dari anak-anak, menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis. Mereka didorong untuk berperan aktif secara langsung, memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berlangsung secara pasif, tetapi juga memotivasi mereka untuk lebih mudah memahami dan menangkap materi pembelajaran.

Setelah kegiatan utama yaitu kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris selesai, anak-anak diberi waktu istirahat sebelum akhirnya memasuki sesi selanjutnya yaitu bermain game. Game yang diadakan berupa treasure hunt dimana anak-anak diberi waktu untuk mencari coklat koin yang disembunyikan di setiap sudut ruangan.

Game ini diadakan dengan tujuan dapat meningkatkan antusiasme anak-anak yang setelah sebelumnya mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga selanjutnya diadakan kegiatan game. Memasuki sesi akhir, terdapat foto bersama yang dipandu oleh MC dan acara ditutup melalui penutupan oleh MC. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan lagi untuk tahun selanjutnya agar dapat berjalan lebih baik lagi.

× Hubungi Kami