Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJExpress and Explore Life in English (EERIE) merupakan salah satu program kerja eventual KSM English of Siloence (EoS) FISIP UPN “Veteran” Jakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Program kerja ini dimulai dari tanggal 14 Agustus 2023 dan diakhiri pada tanggal 28 Oktober 2023. EERIE adalah program yang dibentuk atas dasar mendorong pesertanya untuk meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris dibarengi dengan kemampuan-kemampuan sebagaimana mahasiswa FISIP yang vokal, dapat berpikir cepat dan kritis, percaya diri, dan memiliki komunikasi yang baik. Selain itu, program ini juga dilaksanakan untuk mempromosikan UPN “Veteran” Jakarta, khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan EOS. Jakarta, 2 November 2023

Open registration EERIE dibuka pada tanggal 14 Agustus 2023 pada pukul 09.00 WIB melalui platform social media dan ditutup diharVeti yang sama pada pukul 23.59. Sebelum dimulainya kegiatan lomba, diadakannya terlebih dahulu technical meeting perlombaan debat pada tanggal 15 Oktober 2023 secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pada tanggal 21 Oktober 2023, kegiatan lomba speech competition dimulai secara daring melalui aplikasi Zoom dari pukul 9.00 WIB sampai 10.50 WIB. Kegiatan dimulai dengan online checking terlebih dahulu pada pukul 9.00 sampai 9.30 WIB. Setelah itu, MC membuka kegiatan dengan menyapa para juri dan partisipan yang hadir di Zoom Meeting. MC juga membaca aturan yang berlaku selama berjalannya acara & kemudian melakukan spin nama peserta secara acak untuk menampilkan pidatonya masing-masing. Pukul 9.50 sampai 10.30 WIB selama 40 menit diisi dengan para peserta yang menampilkan speech-nya masing-masing secara berurutan. Setelah seluruh peserta selesai menyampaikan speech-nya, para juri menyampaikan feedback

kepada masing-masing peserta yang sudah selesai tampil. Acara pada hari tersebut ditutup pukul 10.50 WIB.

Di hari yang sama pada tanggal 21 Oktober 2023, kegiatan lomba debate juga berjalan sejak pukul 7.00 WIB secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Di hari pertama tersebut kegiatan lomba debat berjalan sebanyak 3 ronde dan diakhiri pada pukul 13.37 WIB. Kegiatan lomba debate untuk ronde 4, semi-final, dan final dilanjut di keesokan harinya pada tanggal 22 Oktober 2023 dimulai pada pukul 7.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.35 WIB. Pada masing-masing ronde, kegiatan dimulai dengan roll call terlebih dahulu untuk memastikan para partisipan sudah hadir, setelah itu dilanjut dengan motion release atau momen dimana juri mengumumkan topik yang diperdebatkan kepada para peserta debat. Setelah topik diumumkan, dilanjut dengan case-building yaitu waktu yang diberikan kepada tim sebelum debat dimulai untuk mempersiapkan materi dan argumen yang akan digunakan. Setelah itu debat dimulai selama kurang lebih 60 menit. Setelah itu dilakukannya ajudikasi oleh ajudikator di ruang debat.

Sesi Closing dan Awarding Ceremony EERIE 2023

Kegiatan EERIE 2023 ditutup dengan rangkaian kegiatan penutupan dan pemberian award kepada seluruh pemenang acara. Closing dan Awarding Ceremony EERIE 2023 dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023 di Aula BEJ Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta. Acara dimulai pada pukul 09.30 dengan pembukaan oleh MC setelah para tamu kehadiran telah hadir dan melakukan registrasi. Setelah itu, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara agar acara berjalan lebih hikmat.

Sebagai pembuka, Pembina EoS memberikan sambutannya melalui video yang ditayangkan di layar depan dan dilanjutkan dengan sambutan dari Project Officer EERIE 2023 sendiri lalu diakhiri dengan sambutan Chairperson EoS. Memasuki sesi acara, dilakukan pemutaran ulang Final round yang dimulai dari lomba speech yang dilanjutkan dengan debate dan diikuti oleh short story serta lengkap dengan pemberian feedback dari juri di setiap akhir video. Setelah video selesai, diumumkanlah pemenang lomba dari ketiga kategori oleh MC dan diberikan sertifikat sekaligus hadiah juara.

Pada pukul 11.50, terdapat break untuk ISHOMA selama 45 menit dari agar para partisipan dapat beristirahat dan makan siang dengan konsumsi yang telah disediakan pihak panitia. Setelah itu, para partisipan berkumpul kembali ke dalam ruangan pada pukul 12.35 untuk kembali memulai rangkaian acara yang dibuka dengan penampilan dari pihak panitia EoS yaitu pembacaan puisi, speech, dan nyanyi. Menuju penghujung acara, terdapat pengundian doorprize untuk hadirin yang datang dengan mengundi nama yang diperlihatkan di layar. Sekitar pukul 13.30, acara EERIE 2023 ditutup dengan penutupan dari MC dan sesi dokumentasi dan EERIE 2023 telah berhasil dilaksanakan dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Email: englishofsiloence@upnvj.ac.id Instagram: @fisipeosupnvj

Contact Person

Faradilla Indah Siti Aysha Chairperson

Whatsapp: (+62) 818-0855-1465

× Hubungi Kami