Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Pada hari Jumat, 27 Juli 2024, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dengan sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah II FKMHII 2024. Acara ini merupakan wadah bagi para delegasi dari berbagai kampus di wilayah II Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII) untuk berkumpul dan membahas berbagai agenda penting yang akan memperkuat sinergi dan kerjasama antar institusi. Rangkaian acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan persiapan intensif oleh panitia HIMA HI UPNVJ.

Seluruh anggota panitia bekerja sama memastikan segala kebutuhan acara tersedia dan ruangan tertata rapi. Antusiasme terlihat jelas dari kesigapan panitia dalam mempersiapkan acara yang penting ini. Pukul 10.00 WIB, registrasi peserta dimulai. Para delegasi dari berbagai kampus tiba dan melakukan registrasi dengan tertib, kemudian memasuki ruangan rapat yang telah ditentukan. Proses registrasi berlangsung lancar berkat koordinasi yang baik antara panitia dan peserta. Acara resmi dimulai pada pukul 10.45 WIB dengan sesi perkenalan delegasi dari masing masing kampus. Presiden Nasional (Presnas) dan Sekretaris Nasional (Seknas) FKMHII Korwil II memandu sesi ini dengan baik, memperkenalkan delegasi dan menyampaikan gambaran umum mengenai tujuan dan agenda rapat.

Suasana keakraban terlihat saat masing-masing delegasi memperkenalkan diri, menciptakan hubungan yang lebih erat antara para peserta. Sesi pertama Rapat Koordinasi Wilayah II FKMHII 2024 dimulai pada pukul 11.00 WIB. Dipimpin oleh Presnas FKMHII Korwil II, sesi ini membahas satu topik pertama yang sangat krusial bagi perkembangan FKMHII Wilayah II, yaitu Laporan F-Project, Setiap delegasi dari F-Project maju satu persatu untuk memaparkan hasil dari acara yang telah mereka laksanakan.

F-Project JSF (Jakarta Student Forum) membahas tentang hasil input acaramereka yang telah diadakan sebelumnya. Hasil dari diskusi dan aspirasi yang muncul dalam acara tersebut direncanakan untuk diteruskan kepada pihak pemerintah sebagai bentuk masukan dan saran dari kalangan mahasiswa. F-Project Seminar Nasional memaparkan kesuksesan seminar nasional yang telah mereka selenggarakan pada tanggal 6 Juli 2024. Seminar ini berlangsung meriah dengan partisipasi aktif dari peserta. Selain itu, mereka juga membahas hasil input seminar yang dianggap sangat positif dan konstruktif, yang dapat menjadi acuan bagi acara-acara selanjutnya. F-Project Sports Day dan Social Responsibility membahas progres persiapan acara mereka yang akan segera dilaksanakan.

Sports Day bertujuan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa melalui kegiatan olahraga, sedangkan proyek Social Responsibility berfokus pada kegiatan sosial yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Setelah sesi pertama selesai pada pukul 11.45 WIB, para delegasi dan panitia menikmati waktu istirahat, sholat, dan makan (ISHOMA) selama 75 menit.

Waktu istirahat ini dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta untuk saling berinteraksi dan menjalin hubungan yang lebih akrab di antara mereka. Pukul 13.00 WIB, rapat dilanjutkan dengan sesi kedua yang berlangsung hingga pukul 15.15 WIB.

Dalam sesi ini, forum membahas tentang Drafting PDF (Pedoman Dasar Forum) & GBHF (Garis Besar Haluan Forum) mengenai pasal-pasal yang ada di dalam dokumen Pedoman Dasar Forum (PDF) dan Garis Besar Haluan Forum (GBHF). Forum menilai beberapa pasal di dalam dokumen tersebut kurang kompeten dan banyak hal yang tidak jelas, yang dapat menghambat efektivitas kerja forum. Delegasi bersama-sama mengevaluasi pasal-pasal tersebut, mengidentifikasi kelemahan dan ketidakjelasan yang ada. Diskusi berlangsung intens dengan berbagai pandangan dan saran yang diutarakan oleh para delegasi. Hasil dari diskusi ini adalah usulan perubahan beberapa pasal yang dianggap penting untuk ditinjau ulang. Usulan perubahan ini akan dibawa dan disampaikan pada kegiatan PNMHII ke-36 untuk mendapatkan persetujuan dan implementasi lebih lanjut. Perubahan ini diharapkan dapat memperkuat dasar dan arah kerja forum, memastikan semua kegiatan dan keputusan forum berjalan sesuai dengan tujuan dan prinsip yang telah disepakati.

Selanjutnya Persiapan PNMHII ke-36: Agenda ini merupakan salah satu yang paling penting, memerlukan koordinasi dan kolaborasi antar kampus. Presnas dan Seknas membuka topik ini kepada forum dengan mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang perlu ditanyakan dan dipersiapkan untuk kegiatan PNMHII ke-36 yang akan diadakan di Universitas Lampung. Presnas dan Seknas juga menanyakan kesiapan kampus-kampus dalam forum FKMHII Korwil II mengenai delegasi yang akan mereka kirimkan untuk kegiatan PNMHII ke-36.

Hal ini penting untuk memastikan partisipasi yang optimal dan koordinasi yang efektif dalam persiapan acara tersebut. Pada pukul 15.15 WIB, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Para delegasi dan panitia mengambil foto dan video bersama untuk mengabadikan momen penting ini. Dokumentasi ini menjadi simbol kebersamaan dan komitmen para peserta dalam mewujudkan tujuan bersama.

Acara ditutup pada pukul 15.30 WIB dengan pengantaran delegasi oleh panitia HIMA HI UPNVJ. Setelah itu, panitia melakukan evaluasi singkat untuk mengidentifikasi keberhasilan dan hal-hal yang perlu diperbaiki di masa mendatang. Area acara juga dibersihkan untuk memastikan lingkungan tetap rapi dan nyaman. Dengan selesainya Rapat Koordinasi Wilayah II FKMHII 2024, diharapkan terjalin kerjasama yang lebih erat dan sinergi yang lebih kuat antar kampus di wilayah II FKMHII. Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat peran mahasiswa Hubungan Internasional dalam menghadapi berbagai tantangan dan memajukan ilmu Hubungan Internasional di Indonesia.

Pemaparan Mahasiswa HIMAHI
× Hubungi Kami